Senin, 12 Mei 2008

PENGEMBANGAN BUDIDAYA MELON DI KOTACILEGON

Ikatan Petani Melon Cilegon (IPMC) Kota Cilegon, merintis pengembangan budidaya melon dengan mengadakan pelatihan untuk masyarakat petani kota Cilegon pada tanggal 6 Nopember tahun lalu.

Pelatihan yang diikuti oleh lima belas orang itu disamping memberikan bekal teori di kelas, juga dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan dengan menanam melon di lahan seluas 1000 meter milik PT. Krakatau Steel.


Hj. Faizah Mukhsin sebagai ketua kelompok angkatan ke empat tersebut menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Cilegon melalui program Pendidikan Luar Sekolah dan Ikatan Petani Melon Cilegon (IPMC) Kota Cilegon yang secara tehnis membimbing dan mengarahkan para peserta pelatihan tersebut.

”Kami telah mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang tiada ternilai harganya yaitu tentang bagaimana menanam dan menghasilkan buah melon secara benar dan berkualitas sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi” Ujar Ibu haji yang masih nampak cantik dan enerjik itu.


Memang budidaya melon yang akhir-akhir ini menjadi trend dibeberapa daerah jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan menjadikan kegiatan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup prospektif, bahkan dapat dikembangkan menjadi agro wisata di kota Cilegon ini. Apalagi kualitas lahan dan suhu kota Cilegon sangat cocok untuk pengembangan budidaya melon.

”Semoga pengetahuan yang telah kami dapatkan menjadi bekal awal bagi kami untuk menapaki dunia usaha dibidang agro industri bahkan mungkin menjadi agro wisata di kota Cilegon.
Kami yakin hal ini akan terwujud jika ada kesinambungan dalam program ini. Untuk itu, barangkali tidaklah berlebihan jika kami mengusulkan agar program ini dilanjutkan pada program berikutnya yang mengarah pada kegiatan komersial, sehingga akan memiliki manfaat ekonomis bagi kami dan masyarakat Cilegon pada umumnya” lanjut Ibu Hj. Faizah dengan penuh semangat.

Artikel dikirim oleh:
Bp. H. Fauzi Sanusi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

untuk semua petani melon cilegon,harap di perhatikan kualitas melonnya,karna pada ahir2 ne kualitas melonnya menurun,terutama dari segi rasa.

Anonim mengatakan...

untuk semua petani melon cilegon,harap di perhatikan kualitas melonnya,karna pada ahir2 ne kualitas melonnya menurun,terutama dari segi rasa.