Selasa, 23 Oktober 2007

Degra Simba

PRODUK-PRODUK PERTANIAN, PETERNAKAN DAN AQUAKULTUR

HASIL PENGEMBANGAN KPP ILMU HAYATI-ITB


Company Profile

PT. REKAYASA SUMBER DAYA HAYATI

Think of Ecology


Lisensi: KPP Hayati
Institut Teknologi Bandung

Distributor Banten

Griya Permata Asri D12 / No. 12

Telp/Fax: (0254) 228920

E-mail: suryahipamteknika@yahoo.com

Untuk informasi, silahkan kontak ke alamat berikut:

Griya Permata Asri D12/12A

Jl. Sayabulu

Dalung – Serang

Hub: Ibu Mariana

HP: 0813 1572 2890



Kebijakan Perusahaan

PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri agribisnis di Indonesia. PT. RSDH memproduksi mikroba probiotik yaitu mikroba yang bermanfaat bagi budidaya pertanian, peternakan, perikanan, dan pengolahan limbah organik. SIMBA adalah merek dagang yang dipakai, yang merupakan singkatan dari SiMbiosis mikroBA. Mikroba probiotik ini memiliki kelebihan selain meningkatkan produktifitas, juga bersifat ramah lingkungan yaitu dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan kimia.

Mikroba probiotik ini merupakan hasil penemuan para peneliti di PPAU Ilmu Hayati ITB) yang dibawa ke jalur komersial yang legal dengan lisensi teknologi produksi melalui Kantor Manajemen HaKI ITB.

Visi

Visi perusahaan adalah menjadi produsen produk teknologi mikroba probiotik terkemuka untuk meningkatkan budidaya flora dan fauna serta pengelolaan lingkungan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misi

Menyediakan produk mikroba probiotik dengan mengandalkan keunggulan riset dan pengembangan produk yang terus-menerus, jaringan yang luas, serta layanan terbaik untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan akan produk mikroba probiotik yang unggul terutama oleh industri perkebunan, perikanan, pertanian serta lingkungan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas produk yang dihasilkan.


Dewan Komisaris

Dr. Ir. Noorsalam Rahman Nganro, MSi, MSc

Selaku

Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua LPM ITB (Lembaga Pengabdian Masyarakat). Beliau juga merupakan staf pengajar Ekologi Perairan Laut di ITB (sejak 1985). Beliau adalah salah satu penemu mikroba probiotik Simba bersama-sama dengan Dr. I Nyoman Aryantha dan Dr. Sukrasno

Ir. Ahdiar Romadoni

Selaku

Beliau alumni Teknik Industri Institut Teknologi Bandung , dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua HaKI ITB.

Dr. I Nyoman P. Aryantha

Selaku

Beliau dikenal sebagai orang yang sangat kompeten di bidang mikroba probiotik. Saat ini masih menjadi staf pengajar di ITB. Beliau merupakan Ketua Yayasan Sumber Daya Hayati yang merupakan Yayasan yang berada di bawah naungan ITB yang memproduksi dan mengembangkan hasil-hasil penelitian KPP Hayati ITB. Beliau merupakan salah satu penemu mikroba probiotik Simba dan sampai saat ini terus meneliti dan mengembangkan probiotik Simba.

Dr. Sukrasno

Selaku

Beliau adalah Ketua KPP Hayati ITB (dulu namanya PPAU Ilmu Hayati) ITB. Dan juga sebagai dosen pengajar di ITB. Beliau dikenal sebagai orang yang sangat dikenal di bidang fitofarmakologi yaitu obat-obatan dari tanaman.

Direksi

Ir. Budi Saketi, MM

Selaku

Beliau alumni Kehutanan IPB dan Magister Manajemen UGM. Sebelum di PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati, beliau menjabat sebagai Manager di PT. Inti Indorayon Utama, APRIL Group (Asia Pacific Resources International), Multinational Company, di Sumatera Utara.

Direktur Utama


LISENSI TEKNOLOGI

PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati mendapatkan lisensi teknologi dari ITB melalui Kantor Manajemen HaKI ITB dengan format rahasia dagang (trade secret). Dalam format ini ITB memberikan informasi rahasia berkaitan dengan teknologi produksi mikroba probiotik Simba dan mensupervisi implementasinya. Sebagai imbalan atas jasa tersebut, ITB berhak atas suatu kontraprestasi berupa royalti. Komponen royalti diusulkan terdiri atas komponen :

· Alih teknologi

· Supervisi implementasi teknologi dan kontrol kualitas

· Pengembangan produk



Legalitas

Akte Pendirian Perseroan Terbatas

Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH

Nomor: 52 Tanggal: 23 November 1999

Pengesahan Akta Pendirian Menteri Kehakiman & HAM

Nomor: C-14157 HT.01.01.TH.2000

Tanggal: 14 Juli 2000

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Nomor: 101115207955

Tanggal: 18 Oktober 2000

Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP)

Nomor: 1954/10-25/TDUP/XII/1999

Tanggal: 23 Desember 1999

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor: 1.956.440.0-423

Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)

Nomor : 536/Si.5107/Bag.KOT/99

Tanggal : 27 Desember 1999




BISNIS PERUSAHAAN

Mikroba probiotik Simba adalah mikroba bermanfaat (bukan patogen) dari alam Indonesia yang dikemas untuk berbagai keperluan budidaya organik di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan sampah. Dalam pemanfaatannya, mikroba probiotik berfungsi sebagai bahan aditif/suplemen yang mampu menyuburkan, menyehatkan dan memperkuat ketahanan flora atau fauna budidaya, serta dapat mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah dengan kemampuannya menguraikan limbah organik dan menekan perkembangan bakteri patogen.

Produk

Varian-varian SIMBA terdiri dari :

· DEGRA SIMBA : kemasan mikroba probiotik untuk aplikasi pengolahan limbah organik. DEGRA SIMBA mempunyai kemampuan spesifik untuk memacu proses penguraian limbah organik dan menghilangkan bau busuk, serta menekan perkembangan bakteri patogen (bakteri peyebab penyakit)

· AGRI SIMBA : kemasan mikroba dan ragi probiotik untuk aplikasi pertanian. AGRI SIMBA mempunyai kemampuan spesifik untuk mengaktifkan proses pengkayaan unsur hara pada tanah.

· NUTRI SIMBA : kemasan mikroba dan ragi probiotik untuk aplikasi peternakan. NUTRI SIMBA mempunyai kemampuan spesifik untuk mengaktifkan proses pencernaan, pencegahan penyakit dan pengkayaan nutrisi pada hewan ternak.

· AQUA SIMBA : kemasan mikroba dan ragi probiotik untuk aplikasi budidaya biota air. AQUA SIMBA mempunyai kemampuan spesifik untuk mengoptimalkan proses-proses biokimia perairan yang bermanfaat untuk budidaya biota air. AQUA SIMBA terdiri dari 2 varian yaitu : AQUA SIMBA-L (aplikasi pada air laut/payau) dan AQUA SIMBA-D (aplikasi pada air tawar).



Diluar varian-varian tersebut, mikroba probiotik Simba dimungkinkan untuk direkayasa secara khusus (formula khusus) untuk keperluan yang spesifik.

Kelebihan mikroba probiotik SIMBA antara lain :

1. Suplemen yang mampu meningkatkan hasil

2. Meningkatkan daya tahan flora dan fauna terhadap penyakit

3. Meningkatkan efisiensi biaya

4. Menjaga kontinuitas produksi jangka panjang

5. Menjaga keseimbangan ekologi

6. Diferensiasi harga

7. Dukungan dari lembaga riset PPAU Ilmu Hayati ITB




PRODUKSI

PROSES PRODUKSI

Secara umum proses yang dibutuhkan dalam pembuatan starter probiotik Simba adalah isolasi mikroba-mikroba zimogenik dan fermentasi. Proses isolasi mikroba-mikroba zimogenik dilakukan di laboratorium PPAU Ilmu Hayati ITB. Hasil isolasi yang berfungsi sebagai bibit kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lain berupa molase, air, dan beberapa jenis suplemen tambahan. Proses pencampuran dengan komposisi dan waktu tertentu, dilakukan dalam reaktor dan biofermentor.

Aliran proses produksi pembuatan mikroba probiotik Simba adalah sebagai berikut :

Bahan baku pembuatan cairan probiotik adalah bahan-bahan yang umum dan banyak tersedia di berbagai tempat di Indonesia. Kunci keunggulan formula terletak pada proses isolasi mikroba-mikroba yang tepat untuk berbagai kondisi di Indonesia.



Saat ini probiotik Simba dipasarkan dalam bentuk cairan dengan pertimbangan efektivitas fungsi mikroba pada saat implementasi dan kemudahan konsumen untuk mengaplikasikannya. Namun demikian di masa yang akan datang tidak tertutup kemungkinan pemasaran probiotik Simba dalam bentuk bubuk atau bentuk lain yang mempertimbangkan kemudahan transportasi dan aplikasi di lapangan. Untuk keperluan tersebut, PT. RSDH dengan didukung PPAU IH ITB terus melakukan penelitian mengenai substansi produk, aplikasi di lapangan dan aspek pasar hasil pengembangan produk tersebut.

LOKASI DAN KAPASITAS PRODUKSI

Lokasi

Produksi probiotik Simba dilakukan di pabrik PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati yang berlokasi di Nanjung , Cimahi Jawa Barat dan di PPAU Ilmu Hayati ITB.

Kapasitas

Kapasitas produksi terpasang saat ini mencapai 50 ton perbulan, namun sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi 100 ton / bulan. Hal ini didukung lokasi dan tempat yang memadai untuk peningkatan kapasitas produksi.




POSITIONING

Positioning varian SIMBA :

· Pada segmen pasar industri, varian-varian SIMBA merupaka “suplemen organik yang mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas produk, efisiensi biaya, menjaga kontinuitas produksi dalam jangka panjang, menjaga keseimbangan ekologi, dengan dukungan riset dari ITB

· Pada segmen retail, varian-varian SIMBA akan diposisikan sebagai “suplemen organik yang aman dengan harga murah, mampu meningkatkan hasil, menghemat biaya, meingkatkan daya tahan terhadap penyakit, dan paling sesuai untuk lingkungan setempat”

PENCAPAIAN GEOGRAFIS PEMASARAN

Selama ini PT. Rekayasa Sumber Daya Hayati telah mampu memasarkan secara sporadis di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi melalui agen-agen yang ditunjuk dan perwakilan di beberapa kota.

AKTUAL PEMASARAN

Pemasaran dilakukan oleh tenaga marketing yang dimiliki perusahaan dan agen agen yang tersebar di P. Jawa meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta. Sedangkan untuk luar Jawa meliputi Lampung, Pekanbaru, P. Buru, Sulawesi dan Kalimantan.

Sementara ini PT. RSDH mempunyai 4 daerah perwakilan yang berada di :

1. Sukabumi (meliputi wilayah Jawa Barat)

2. Bogor ( meliputi Jabotabek dan Banten ).

3. Jogja (meliputi Solo, Jogja, Jateng sebelah timur, dan Jatim)

4. Purwokerto (meliputi Jateng sebelah barat)






Daftar Klien

Instansi dan Perusahaan Swasta

PT. Sang Hyang Seri, Jakarta

PT. Kebun (Kinarya Era Bumi Nusa), Jakarta

PT. Marsil Prima Persada, Lampung

PT. Sierad Corporation, Magelang

Yayasan Bitari (Bina Bumi Lestari), Makassar

PT. Sindo Bintan Indah, P. Bintan

Biodax Sdn. Bhd. Selangor, Malaysia

PT. Kaltimex Jaya, Jakarta

PT. Mega Eltra, Bandung

PT. MQ net, Bandung

PT. Global Suksesindo, Bandung

CV. Agriko Era Mandiri, Brebes

KOPENSRI (Koperasi Pensiunan PUSRI), Jabar

PT. GP Lestari, Ciamis

PT. Elementary, Bandung

Koperasi Mitra P3RI Jabar

KTNA (Kontak Tani dan Nelayan Andalan), Jakarta

CV. Metrofeed General Trading, Bandung

CV. Pragola Mitra Tani, Wonosobo

Yayasan Mukti Mandiri, Cirebon

DEKOPIN Lampung

PT. Putra Alam Sejahtera, Surabaya

PT. Rajawali Nusantara Indonesia

PT. Geokaphos Permata Nusantara

Koperasi Petani Pekebun Jabar

PT. Tololo Mulia, Sulsel

PT. Aristo Mitra Pratama, Jakarta

KPN Dinas Pertanian, Jakarta

PT. Perkebunan Nusantara VIII, Bandung

PT. Biofarma




Number of Employees

Nama NIK Jabatan

Ir. Budi Saketi, MM 001.200500 Direktur

Luthfiyah Ratnawati, SP 004.20032 Marketing & Business Dev.

Amad Budi Prayitno, SPt 012.010403 MR Jogja

Hilman Syukur, Amd 006.010802 MR Jawa Barat

Arif Rahman, SP 013.010403 MR Jawa Tengah

W. Kameriyadi HK, SPt 008.250802 MR Jabotabek

Yulli Yulianti, SP 005.200602 Adm & Personalia

Reni Arsianty, SE 007.230802 Akuntansi & Keuangan

Medi Teguh, SP 009.110902 Produksi

Trio Hantoro 002.010501 Quality Control

Rudiyanto 003.160302 Driver

Irsan septian 010.050203 Delivery / Packing

Kurniawan 011.250203 Packing

6 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat malam..
begini, saya saat ini berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan penelitian, oelh karena dan tertarik tentang kemampuan produk probiotik ini..untuk itu saya ingin mengetahui jenis bakteri yang dipergunakan dan harga penjualannya, juga jumlah bakteri dalah satu ml cairan aqua simba d ini..produk inii dapat saya temui dimana ya??

Anonim mengatakan...

Smash readied [url=http://itkyiy.com/lasonic-lta-260/]lta chile[/url] just fine [url=http://itkyiy.com/methylprednisolone-acetate/]methylprednisolone and alcohol[/url] was loud [url=http://itkyiy.com/sces/]sce discounts[/url] undane status [url=http://itkyiy.com/k-chlor/]atenolol chlor[/url] your grief [url=http://itkyiy.com/epipen-online-video/]epipen and production and cost[/url] had hoped [url=http://itkyiy.com/bio-identical-estrogens/]overweight women estrogens hairy[/url] are those [url=http://itkyiy.com/vertigo-meclizine/]side effects of meclizine[/url] them loved [url=http://itkyiy.com/goody's-credit-card-bill/]goody's warn notice[/url] killed her [url=http://itkyiy.com/sodium-xylene-sulfonate/]barium diphenylamine sulfonate[/url] wrong all [url=http://itkyiy.com/technetium-99m/]technetium ecd[/url] and basilisks [url=http://itkyiy.com/siberian-ginseng-increasing-testosterone/]ginseng and medicine[/url] snatched the [url=http://itkyiy.com/dr-jonas-salk-biography/]salk contemporary[/url] arrow cage [url=http://itkyiy.com/fond-du-lac-reservation-tribal-enrollment/]fond du lac wi newspaper[/url] own eyes [url=http://itkyiy.com/tramadol-vs-vicodin/]online pharmacy vicodin hydrocodone[/url] the room [url=http://itkyiy.com/removing-chlorine-with-sodium-thiosulfate/]sodium thiosulfate vs hydrochloric acid[/url] olph said [url=http://itkyiy.com/peekaboo-petites/]cleo petites[/url] their sea [url=http://itkyiy.com/tummy-tucks-brooklyn/]table that tucks into sofa[/url] weighed more [url=http://itkyiy.com/turbo-backup-pep/]pep plus turbo backup[/url] exiled one [url=http://itkyiy.com/diphenhydramine-lawsuits/]diphenhydramine hcl for sleep[/url] the dusky [url=http://itkyiy.com/ethyl-epa-purified/]purified compressed air[/url] properly appreciate rpretation.

Anonim mengatakan...

Как говорилось на Seexi.net Часто делаю массаж медом, Вот решила испробовать шоколадное обертывание, поделитесь кто делал дома,какой шоколад нужен или же можно просто какао густо сварить? и т.д. Спасибо!

Cilegonku mengatakan...

Silahkan pasang iklan usahamu khusus di daerah kota cilegon di www.cilegonku.com GRATIS...

Deny wahyu hidayat mengatakan...

assalamualaikum ,, mas saya msu nanya kandungan dari aqua simba darat itu apa aja?
jenis 2 mikroba apa aj ?ini penting buat tinjauan pustaka .. soalnya kmeren saya beli produknya tidak ada jenis2 mikrobanya . trims

Anonim mengatakan...

I'm amazed, I have to admit. Seldom do I come across a blog that's equally
educative and amusing, and without a doubt, you have hit the nail on the head.
The problem is something which too few men and women are speaking
intelligently about. I'm very happy that I found this during my hunt for something relating to this.

My homepage ... モンスタービーツ