Sabtu, 02 Agustus 2008

Rencanakan Masa Depan Keluarga

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka dari Inggris yang mengelola dana sebesar lebih dari US$510 miliar dan melayani lebih dari 21 juta nasabah di seluruh dunia (data per 30 Juni 2007).

Tabungan sekaligus Jaminan Proteksi

Kita semua pasti sudah mengetahui pentingnya tabungan. Biasanya digunakan untuk masa darurat seperti keperluan pengobatan mendadak, untuk pendidikan anak misalnya saat memasuki perguruan tinggi, untuk dana pensiun dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan ilustrasi di mana masa depan tidak selamanya berjalan sesuai dengan rencana. Mungkin terlihat sangat pahit, tapi itulah salah satu faktor yang harus kita perhitungkan dalam mempersiapkan masa depan, terutama untuk keluarga yang kita cintai.

Ada tiga alternatif dalam membuat tabungan.

BANK
Kita ambil contoh Budi. Budi menabung dengan maksud akan menggunakannya saat anaknya masuk perguruan tinggi. Setiap bulan Budi menyisihkan pendapatannya sebesar 1 juta perbulan atau dengan perhitungan 12 juta pertahun. 10 tahun mendatang Budi berharap mempunyai simpanan 120 juta untuk bekal anaknya memasuki perguruan tinggi 10 tahun lagi. Sayang sekali, pada tahun ke-3 Budi mendapat musibah kecelakaan lalu lintas yang menyebabkannya lumpuh seumur hidup. Untuk membiayai perawatan di rumah sakitpun Budi dan keluarganya harus mengutang sana sini, karena tabungannya baru mencapai antara 2 s.d 3 juta. Selain hutang yang ditanggung, tabungan yang diharapkannya untuk membiayai anaknya kuliah, jelas tidak akan tercapai.

Bank ditambah dengan mengambil polis asuransi
Dengan kejadian yang sama dengan ilustrasi di atas, Budi tidak perlu mempunyai hutang karena dari biaya perawatan rumah sakit akan tertutup oleh polis asuransi yang diikutinya. Tetapi untuk selanjutnya, bagaimana dengan ieaya sehari-hari karena akibat Budi sudah tidak dapat bekerja lagi secara normal. Tabungan yang dikumpulkannya baru mencapai antara 2 s.d 3 juta, yang hanya cukup untuk sekitar 2 atau 3 bulan saja, itupun dengan penghematan yang luar biasa. Rencana semula yang dibuat tidak dapat berjalan sesuai harapan.

Tabungan + Proteksi
Prudential menawarkan suatu program 2 in 1 (Prulink Assurance Account Plus PAA+, tabungan berproteksi). Dengan kejadian yang sama dengan ilustrasi di atas, biaya perawatan rumah sakit dapat ditutupi oleh manfaat yang didapat dari program 2 ini 1. Selain biaya rumah sakit, karena mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan, Prudential memberikan uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk biaya hidup selanjutnya. Manfaat yang didapat lainnya adalah rencana tabungan sebesar 1 juta perbulan akan dibayarkan oleh Prudential hingga Budi berusia 65 tahun. Dana yang disetor perbulan diinvestasikan di pasar uang, pasar modal (tergantung keinginan nasabah) sehingga hasilnya bisa melebihi bunga bank.

Ilustrasi yang diberikan dengan memberi contoh jika seseorang yang menabung sebesar 1 juta perbulan, dan proteksi apa yang dia akan dapatkan ketika mengalami kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhan. Selain kecelakaan Prudential juga memberikan proteksi terhadap 34 penyakit kritis dan meninggal ddunia. Untuk berapa besar premi yang akan dibayarkan tergantung dari kemampuan orang tersebut (minimal 300 ribu/bulan).

Prulink Assurance Account Plus PAA+merupakan Tabungan sekaligus Jaminan Proteksi (Kecelakaan, Cacat, Rawat Inap, ICU, Kondisi Kritis Lainnya). Tabungan dapat diambil sewaktu-waktu atau berjangka (untuk Dana Pendidikan, Dana Pensiun, dll).

Prudential menawarkan juga PAA+ berbasis syariah (PRU SYARIAH), di mana cara pengelolaan keuangan dan cara proteksi berdasarkan syariah dan pengelolaannya dilakukan secara terpisah.

Jika anda ingin merencanakan masa depan anda dan keluarga, saya akan berusaha membuatkan suatu proposal yang paling menguntungkan bagi anda. Jangan merasa sungkan walaupun hanya sekedar mengadakan sharing dengan saya, karena pendapat anda merupakan masukan yang sangat berharga bagi saya untuk lebih meningkatkan pelayanan saya kepada nasabah ataupun calon nasabah lainnya. Sebagai agen PRUDENTIAL, saya bukan hanya melayani anda di saat-saat awal saja. Jika anda memberikan kepercayaan kepada saya, saya akan membantu seluruh prosedur pengurusan dari pendaftaran hingga pengajuan klaim kepada PRUDENTIAL. Untuk itu, karena saya berdomisili di Banten, saya hanya menjanjikan layanan maksimal di daerah Banten, khususnya di Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak, Anyer dan Rangkas Bitung.

Amirudin, Abdullah
Telpon: 081210555603
email: myameer@yahoo.com
Website resmi Prudential: http://www.prudential.co.id



Tidak ada komentar: