Apakah bisnis anda termasuk jenis yang membutuhkan waktu untuk
menyampaikan produk/jasa kepada konsumen? Contoh : bisnis restoran biasa
(bukan fastfood), dari mulai memesan sampai makanan datang akan memerlukan
waktu. Contoh lain : bisnis konsultan, dimana harus membuat suatu report
untuk client dan itu akan memakan waktu. Contoh lain : kontraktor,
butuh waktu untuk pengerjaan suatu rumah/gedung. Contoh lain: bisnis
pengiriman dokumen, bisnis perbaikan mobil, bisnis export-import, dsb.
Jika anda berada di bisnis seperti ini, pasti anda pernah mengalami
kekesalan bertemu dengan konsumen yang menginginkan dapat barang/jasa yang
bagus, menawar dengan sangat murah tetap dan minta dikirim/dilayani
secepatnya. Inilah yang dinamakan Segitiga Bagus-Cepat-Murah. Sebagai
konsumen, jika kita menginginkan sesuatu atau membeli sesuatu, kita
mengharapkan apa yang kita dapat bisa Bagus, Cepat dan Murah. Masalahnya,
apakah memungkinkan untuk mendapatkan ke-3-nya?
Dalam bisnis seringkali dikatakan bahwa kita hanya bisa memilih 2 dari
3 hal yang ada dalam segitiga tersebut. Jika hanya memilih 2, maka
terdapat tiga kombinasi yang memungkinkan dari segitiga tersebut, yaitu :
-Jika ingin hal yang bagus dan cepat, tidak akan bisa murah.
-Jika ingin hal yang bagus dan murah, jangan harapkan bisa cepat.
-Jika ingin hal yang cepat dan murah, tidak akan bisa bagus.
Melayani hanya 2 hal dari Segitiga Bagus-Murah-Cepat merupakan hal yang
biasa. Para pebisnis mencari cara untuk dapat memberikan ke-3-nya.
Apakah bisa? Jawabannya : BISA tetapi DENGAN SYARAT. Apa syaratnya? Ruang
lingkup/scope/pilihan/jumlahnya dibatasi. Dengan pembatasan ini,
mereka menjadi ahli dari hal yang sedikit.
Contoh : restoran fastfood mampu menawarkan makanan yang enak(bagus),
murah dan cepat. Mereka bisa melakukan ini karena mereka tidak memiliki
banyak pilihan menu. Coba bandingkan menu di suatu fastfood dengan
restoran Chinnese Food. Pasti jauh berbeda. Dengan jumlah menu yang sangat
bervariasi akan menyulitkan dalam memberikan sesuatu yang
Bagus-Murah-Cepat. Dengan fokus hanya kepada beberapa jenis menu, mereka bisa
mendapatkan diskon dari supplier karena beli sedikit jenis tetapi jumlahnya
banyak. Dengan sedikit menu, kemampuan memasak menjadi lebih trampil,
sehingga mempercepat proses dan dapat menjaga rasa masakan tetap enak.
Contoh : bengkel mobil yang fokus hanya kepada 1 merek mobil saja akan
lebih bisa memberikan segitiga Bagus-Murah-Cepat dibandingkan bengkel
mobil yang menerima segala jenis mobil. Dengan fokus kepada 1 jenis
merek, mereka tidak perlu menyediakan stok barang yang banyak, yang belum
tentu terpakai. Kemampuan membentulkan juga semakin baik dan cepat,
karena terus menangani merek yang sama.
Tanpa pembatasan ruang lingkup/pilihan atau jumlah, tampaknya akan
sulit untuk memberikan Segitiga Bagus-Cepat-Murah. Pertanyaannya sekarang :
mana yang anda pilih : memberikan hanya 2 hal dari segitiga atau
memberikan ke-3nya tetapi dengan pembatasan. Semoga tulisan ini bermanfaat!
Untuk melihat artikel lain, silakan mengunjungi www.omzetter.com. Anda
juga dapat memanfaatkan promosi silang serta berdiskusi di web tersebut
serta melihat produk-produk kami yang lain.
Salam Omzetter!
Norman Firman MBA
Sales & Marketing Coach
www.omzetter.com
Senin, 07 April 2008
Segitiga Omzet
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar