Senin, 14 April 2008

Manfaat K E L O R

Dear All,

Kemarin saya tanam batang kelor yang saya dapat dari rumah teman
lamaku Marwadi, batang Kelor ini sudah kupotong empat dan ditanam di
pelbagai sudut rumah. Ibuku bilang Kelor bagus untuk penolak bala, aku
senyum dalam hati tapi aku buat riset kecil tentang *Kelor* - Latin: *Moringa
oleifera*; temuanku ini membuat aku terkejut sendiri, ternyata Kelor sudah
dinobatkan sebagai penyelamat umat manusia yang sudah terbukti manfaatnya
selama 5000 tahun di India. Kelor menjadi tanaman serbaguna untuk
penggunaan mulai dari bahan makanan, vitamin C, obat cacingan, insectisida
nabati, pupuk hijau, pakan ternak, biogas, penggemuk ternak dan daftarnya
puanjuang buanget.

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik link di bawah ini, hasilnya luarbiasa :)
http://www.treesfor life.org/ documents/ moringa/presenta tion/Moringa% 20Presentation% 20%28General% 29%20screen. pdf

Selamat menikamati dan belajar banyak dari manfaat Kelor.
Kalau nebang cabang kelor di rumah, jangan lupa daunnya untuk sayur. dulu
ibuku suka bikin sayur bening kelor dengan ubi jalar :) atau dengan jagung
tongkol. Uenak banget, apalagi pakai udang kering.

Semoga bermanfaat,
Elias

*Dr. Elias Tana Moning M. Agr., Ed. D.
Outreach International
*Location: Jakarta, Indonesia
Local time: GMT + 7 hours
Skype: emoning
YM:emoning2000

Tidak ada komentar: